Membuat file PDF

File yang biasanya konversi ke pdf adalah file .doc (dari word) atau .ppt (dari power point).

alasan mengubah file menjadi pdf antara lain: maka file akan memiliki ukuran sedikit lebih kecil , file tersebut tidak akan bisa dirubah-rubah, kecuali kita konversi lagi ke doc trus baru dirubah dan dikonversi lagi ke pdf, atau di-copy lalu ditulis ulang. Selain itu ada banyak kegunaan jika kita ubah file menjadi pdf seperti untuk file ppt yang telah diubah ke pdf dengan satu halaman 4 slide ppt, maka akan memudahkan kita mencetak dokumen itu, tinggal cetak.

ada banyak sekali caranya, coba saja ketikkan word to pdf di google maka kita akan mendapatkan banyak alternatif software untuk konversi file ini. Kita bisa mendownload salah satu software tersebut dan ikuti petunjuknya maka kita bisa membuat file pdf dari file doc atau ppt yang kita punya. Namun software yang ada itu biasanya hanya trial 30 hari

Cara lain adalah, install software acrobat yang meliputi acrobat reader, acrobat distiller dan lain-lain. Kalau kita memiliki dan telah menginstall acrobat profesional 7 atau 8, disitu sudah lengkap satu paket. Software ini juga digunakan untuk membaca file pdf.

Lalu bagaimana jika kita sudah install ?. Oke untuk mengubah file doc ke pdf ikuti langkah berikut :

  1. Buka file doc kita
  2. Klik menu file –> print kemudian untuk printernya pilih Adobe PDF, pilih tempat penyimpanan, lalu klik OK maka kita dah mendapatkan file pdf.
  3. Cari file pdf kita di folder tempat kita menyimpan.

Cara lain jika tidak memiliki acrobat profesional :

  1. Jika anda bisa terhubung ke internet dan sudah memiliki browser seperti internet explorer atau mozilla atau yang lain, gunakan http://www.pdf24.org/en/home.html dengan mengupload file (tekan tombol browse dan pilih file yang akan dikonversi), lalu tuliskan alamat email anda, dan tekan tombol GO, maka anda akan menerima pdf anda melalui email. Jika memilih cara ini, anda tidak perlu menginstall apapun.
  2. Jika anda menggunakan open office, tinggal klik tombol dengan simbol PDF.
  3. Jika tidak ingin cara 1 dan 2, gunakan latex dan convert file anda dengan meng-compile file .tex

Untuk konversi file pdf ke word dengan software namanya pdf2word, juga software2 yang lain. Untuk pdf2word bisa download dengan memilih salah satu dari link ini http://www.google.com/search?sourceid=navclient&ie=UTF-8&rlz=1T4GGIC_enTW227ID239&q=pdf2word

dikutip dar : Catatan Kecil Yuhana.htm

0 komentar:

Copyright © / Catatan Online

Template by : Urangkurai / powered by :blogger